Hari ini, Kamis, 14 November 2019, berkesempatan mendapat kunjungan dari Tim program Pengarusutamaan Gender (PUG) Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara yang dipimpin oleh Lenni Ika Wahyudiasti Kepala Bagian Umum beserta staf. Kali ini Tim Program PUG memberikan asistensi terkait implementasi program ini untuk instansi vertikal di lingkungan Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara.

Lenni ika mengatakan bahwa PUG bukan merupakan emansipasi maupun feminisme. PUG adalah bagaimana setiap individu baik laki-laki maupun perempuan, normal atau berkebutuhan khusus, dari muda sampai tua, setiap individunya memiliki permasalahan, pengalaman, aspirasi dan kepentingan/kebutuhan yang berbeda yang perlu dijembatani dan diberi solusi.

Melalui kebijakan yang responsif gender dalam PUG, baik laki-laki maupun perempuan, berkebutuhan khusus maupun tidak, anak-anak, usia remaja, dewasa hingga lansia diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapatkan akses, kontrol, partisipasi dan manfaat dari pembangunan yang dilakukan.

Oleh karena itu lingkungan Bea Cukai Sulbagtara memakai motto PUG “Kesetaraan Gender untuk Kehidupan yang Memanusiakan Manusia”. Sebab, melalui PUG, setiap individu dipahami kebutuhannya.

Diharapkan kantor Bea Cukai Manado bisa memenuhi 7 prasyarat PUG dan setiap pegawainya memiliki pemahaman PUG yang melekat terus dimanapun bahwa PUG ini bukan emansipasi dan bukan feminisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *